- Abstract viewed - 499 times
- PDF downloaded - 1319 times
Affiliations
Sigit Priatmoko
Affiliation not stated
Didi Subagja
Affiliation not stated
Nuni Widiarti
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Siska Shelvia Deviani, F. Widhi Mahatmanti, Nuni Widiarti, SINTESIS DAN KARAKTERISASI ZEOLIT DARI ABU SEKAM PADI MENGGUNAKAN METODE HIDROTERMAL , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 1 (2018)
- Amma Aisyah, Nuni Widiarti, F Widhi Mahatmanti, Perbedaan Aktivitas Katalitik S-ZrO2, S-ZA, dan S-ZrO2/ZA dalam Reaksi Esterifikasi Minyak Jelantah , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 3 (2018)
- Duwanda Anwaristiawan, Harjito Harjito, Nuni Widiarti, Modifikasi Katalis BaO/Zeolit Y pada Reaksi Transesterifikasi Minyak Biji Jarak (Jatropha Curcas L.) menjadi Biodiesel , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 3 (2018)
- Anfi'na Ilma Yunita, Triastuti Sulistyaningsih, Nuni Widiarti, Karakterisasi dan Uji Sifat Fisik Material Zeolit Modifikasi Magnetit sebagai Adsorben Ion Klorida dalam Larutan Berair , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 2 (2019)
- Cici Fatmala, Kasmui Kasmui, Nuni Widiarti, Rekayasa Struktur Elektronik Single Walled Carbon Nanotube dengan Dopan Logam Kobalt untuk Adsorpsi Hidrogen Menggunakan Density Functional Theory , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 2 (2019)
- Sri Winarsih, Sigit Priatmoko, Analisis Pemahaman Konsep Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Test pada Pembelajaran Hidrolisis Berbantuan Metode Blended Learning Berbasis Inkuiri Terbimbing , Chemistry in Education: Vol 8 No 2 (2019): Terbit bulan Oktober 2019
- Amalina Artani, Sri Susilogati Sumarti, Sigit Priatmoko, Harjono Harjono, PENGARUH PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP PADA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Apriliani Arifatul Afwah, Jumaeri Jumaeri, Sigit Priatmoko, Endang Susilaningsih, Pengembangan Media Blended Learning Berbasis Schoology pada Materi Larutan Penyangga , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Feby Kristiansi, Endang Susilaningsih, Woro Sumarni, Sigit Priatmoko, Pengembangan Butir Soal Tes Tingkat Makroskopis, Mikroskopis, dan Simbolis Untuk Identifikasi Kemampuan Analisis Siswa yang Dianalisis dengan Model Rasch , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Nila Agustia Fatimatul Hidayah, Sigit Priatmoko, Sri Wardani, Sri Nurhayati, Pengembangan Tes Four Tier Multiple Choice (4TMC) untuk Mendeteksi Miskonsepsi Peserta Didik , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
Pengembangan Tes Four Tier Multiple Choice (4TMC) untuk Mendeteksi Miskonsepsi Peserta Didik
Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
Submitted: Jan 3, 2022
Published: Dec 8, 2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes four-tier multiple choice (4TMC) yang dapat mendeteksi miskonsepsi peserta didik pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini bermanfaat sebagai pertimbangan ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model 4-D yang telah dimodifikasi dengan menghilangkan tahap disseminate dan menyisakan tahap define, design, serta development. Naskah soal awal terdiri atas 30 butir soal tes 4TMC. Naskah soal akhir setelah dilakukan uji coba skala kecil dan analisis data terdiri atas 13 butir soal tes 4TMC. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, soal yang dikembangkan dinyatakan valid secara global, reliable dengan nilai sebesar 0,980, serta memiliki karakteristik yang baik. Miskonsepsi peserta didik pada materi hidrolisis garam terjadi pada semua indikator butir soal dengan rata-rata sebesar 39,83%. Miskonsepsi tertinggi sebesar 51,52% dan terendah sebesar 24,24%. Sebanyak 33 peserta didik mengalami miskonsepsi dengan rata-rata sebesar 40,09%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa soal yang dikembangkan dapat digunakan untuk mendeteksi miskonsepsi peserta didik pada materi hidrolisis garam dan profil miskonsepsi peserta didik ditemukan pada setiap indikator butir soal. Maka, guru perlu melakukan pembelajaran remedial untuk memperbaiki konsepsi peserta didik pada materi hidrolisis garam.