PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI ETNOSAINS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI REDOKS SISWA MA NEGERI BLORA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sofia Kusuma Ramandanti
Kasmadi Imam supardi

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui ada dan tidaknya  besarnya pengaruh pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi etnosains terhadap pemahaman konsep siswa MA Negeri Blora. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian posttest only experiment, dimana subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok penelitian yaitu kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2. Setelah diberi perlakuan, kedua kelompok tersebut diberikan posttest untuk mengukur hasil dari perlakuan yang telah diberikan. Hasil persentase siswa pada kategori paham konsep kelas eksperimen 1 lebih tinggi dari kelas eksperimen 2 dengan beda selisih dari nilai rata-rata sebesar 4,98%. Perbedaan persentase paham konsep antara kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 menunjukkan bahwa pembelajaran terintegrasi etnosains berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada pembelajaran redoks. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 1 lebih besar  dari pada kelas eksperimen 2 yaitu sebesar 51,52 dan 49,73 Perbedaan rata-rata nilai antara kelas eksperimen 1 dengan kelas eksperimen 2 menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan model pembelajaran terintegrasi etnosains pada materi redoks. Besarnya pengaruh problem based learning terintegrasi etnosains terhadap pemahaman konsep kimia siswa kelas X MA Negeri Blora sebesar 0,81%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Most read articles by the same author(s)