Pola Relasi Sosial Teman Sebaya Ditinjau dari Penggunaan Media Sosial Pada Siswa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rizqa Harmiliya
Mulawarman Mulawarman
Eko Nusantoro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola relasi sosial teman sebaya dengan penggunaan media sosial pada siswa sekolah menengah pertama baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan dalam penrelitian ini sejumlah 213 dari populasi siswa berjumlah 542 dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling, Alat pengumpulan data menggunakan skala pola relasi sosial teman sebaya dan angket penggunaan media sosial, yang masing-masing realibilitasnya 0,837 dan 0,886. Adapun teknik analisis data menggunakan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara pola relasi sosial teman sebaya dengan penggunaan media sosial memiliki hubungan yang signifikan (r= 0,221 ; p < 0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pola relasi sosial teman sebaya dengan penggunaan media sosial. Semakin tinggi penggunaan media sosial maka semakin tinggi pola relasi sosial teman sebaya siswa.


 


This research has a purpose to know the relationship between the peer relation patern with social media utilizing by junior high school students either in partial or together manner. This research uses descriptive correlational quantitative design. The sample used in this research amount 213 from students population which are amount 542 by proportionate stratified random sampling technique. The instrument to accumulate the data uses peer relation patern and social media utilizing questionnaire, which each their realibility 0,837 and 0,886. The data analysis technique uses product moment. The result of this research shows that between the peer relation patern with social media utilizing has a significant relation (r= 0,221 ; p < 0,05). Conclusion, we can say that there is a significant relation between the peer relation patern withsocial media utilizing. The more high social media utilizing, the more high the peer relation patern of students.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Harmiliya, R., Mulawarman, M., & Nusantoro, E. (2019). Pola Relasi Sosial Teman Sebaya Ditinjau dari Penggunaan Media Sosial Pada Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(1), 1-6. https://doi.org/10.15294/ijgc.v8i1.19153

References

Abadi, T. W., dkk. (2013). Media Sosial dan Pengembangan Interpersonal Remaja Di Sidoarjo. KANAL. 2(1), 1-106.

Andarwati, Iandesi. (2016). Citra Diri Ditinjau dari Intensotas Penggunaan Media Jejaring Sosial Instagram Pada Siswa Kelas XI SMA N 9 Yogyakarta. E-Jurnal Bimbingan dan Konseling Edisi 3 Tahun Ke-5 2016. 1-12.

Ayun, P. Q., (2015). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas. CHANNEL. 3(2), 1-16.

Buntaran, Firman. A. A.,dkk. (2015). Peran Kepercayaan Interpersonal Remaja yang Kesepian dalam Memoderasi Pengungkapkan Diri pada Media Jejaring Sosial Online. Gadjah Mada Journal Of Psychology. 1(2), 106-119.

Harahap, E.K. (2015). Layanan Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial Dalam Meningkatkan Ketrampilan Hubungan Sosial Siswa. Jurnal Tajdid. XIV(2), 271-300.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Indah, Arina. (2016). Relasi Sosial Mahasiswa yang Menggunakan Smartphone (studi kasus: Mahasiswa/i Ilmu Kesejahteraan Sosial, Universitas Sumatera Utara). Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Juwita. E.P., dkk. (2014). Peran Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Siswa SMA Negeri 5 Bandung. Jurnal Sosietas. 5(1), 1-8.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nurmandia, Heny.,dkk. (2013). Hubungan Antara Kemampuan Sosialisasi Dengan Kecanduan Jejaring Sosial. Jurnal Penelitian Psikologi. 4(2), 107-119.

Panji, Aditya. 2014. Hasil Survei Pemakaian Internet Remaja Indonesia http://tekno.kompas. com/read/2014/02/19/1623250/Hasil.Survei.Pemakaian.Internet.Remaja.Indonesia. Diakses tanggal 1 April 2017.

Priyatno, Duwi. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: penerbit Gava Media.

Sherlyanita dan Rakhmawati. (2016). Pengaruh dan Pola Aktivitas Penggunaan Internet serta Media Sosial pada Siswa SMPN 52 Surabaya. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence. 2(1), 17-22.

Vergara, Julio.A.D & Jessenia.Y.C. (2016). Addiction to Social Networks and Social Skills in Students from a Private Educational Institution. Propósitos y Representaciones, 4(2),208-230.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>