KESIAPAN GURU IPS MENGHADAPI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI MTs. MADARIJUL HUDA KEMBANG, KABUPATEN PATI)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Linda Setya Putri
Ferani Mulianingsih

Abstract

Blended learning is a form of learning in schools that is carried out by mixing face-to-face learning and online learning. This type of learning is one solution to the unstable environmental conditions in Indonesia due to outbreak of the corona virus. This study aims to determine the readiness of social studies teachers with blended learning. The research method used is qualitative. Data collection techniques using interview techniques, observation, and documentation. Based on the research results, the readiness of social studies teachers in dealing with blended learning is quite good. The results showed that: (1) social studies teachers in MTs. Madarijul Huda has carried out the process of learning planning stages which are summarized in the learning lesson plans. (2) there are obstacles in planning the implementation of distance learning, namely facilities and infrastructure constraints, as well as time constraints. (3) the implementation of distance learning based on blended learning combines face-to-face learning and online learning.


Blended learning merupakan salah satu bentuk pembelajaran di sekolah yang dilakukan dengan mencampurkan antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran dalam jaringan. Pembelajaran jenis ini menjadi salah satu solusi dari kondisi lingkungan di Negara Indonesia yang sedang tidak stabil karena mewabahnya virus corona. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan yang dilakukan oleh guru IPS dalam menghadapi pembelajaran berbasis blended learning. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, kesiapan guru IPS dalam menghadapi pembelajaran blended learning sudah cukup baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guru IPS di MTs. Madarijul Huda telah melakukan proses tahapan perencanaan pembelajaran yang terangkum dalam RPP pembelajaran. (2) terdapat kendala dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, yakni kendala sarana dan prasarana, serta keterbatasan waktu. (3) implementasi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh berbasis blended learning memadukan antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran dalam jaringan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putri, L., & Mulianingsih, F. (2022). KESIAPAN GURU IPS MENGHADAPI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI MTs. MADARIJUL HUDA KEMBANG, KABUPATEN PATI). Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 4(2), 102-108. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v4i2.54244

References

Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran; Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Falahudin, Iwan. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara. Volume 1, Nomor 4. Oktober-Desember 2014.
Halimah, Leli. 2017. Keterampilan Mengajar; sebagai Inspirasi untuk Menjadi Guru yang Excellent di Abad ke-21. Bandung: Refika Aditama.
Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning); Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-To-Face, E-learning Offline-Online, dan Mobile Learning. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Idris, Husni. 2011. Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Iqra’. Volume 5, Nomor 1. Januari-Juli 2011.
Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran; Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nisa, Aisyah Nur Sayidatun. 2016. Analisis Kesiapan Guru IPS di SMP Se-Kecamatan Bawang Banjarnegara dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Harmony. Volume 1, Nomor 1.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan Tinggi. Diakses dari https://jdih.kemdikbud.go.id/. Pada tanggal 01 Juli 2021.
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran. Diunduh dari http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/prosespembelajaran/file/Permendikbud_Tahun2016_Nomor022_Lampiran.pdf. Pada tanggal 05 September 2020.
Sanjaya, Wina. 2015. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.