Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Sosial di SMP Negeri 1 Karangtengah Demak

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Faiqotul Himmah
Tukidi Tukidi
Ferani Mulianingsih

Abstract

Character Education Strengthen (PPK), that consists of social care characther education, is applied at SMP 1 Karangtengah. The purposes of this study are: (1) Describing the implementation of social character education in Social Science learning. (2) Describing how the school culture in implementing social care character. (3) Describing the obstacles in the implementation of social care character education in SMP Negeri 1 Karangtengah. This is a qualitative descriptive study. Researchers conducted observations, interviews, and documentation. Analysis date uses reduction data, display data, and conclusions. The technique of data validity uses triangulation technique and triangulation source. The results showed that: (1) the implementation of educational character of social care starting from preparation of learning, the implementation of learning and evaluation of learning have been going well. (2) The school culture implemented in SMP Negeri 1 Karangtengah already supports the inculcation of social caring character in the students. (3) Obstacles experienced in the implementation of social care character education in the form of obstacles from IPS teachers, differences in the level of understanding of students, and the influence of the outside environment.


Penguatan pendidikan karakter (PPK) diantaranya terdiri dari karakter peduli sosial sudah diterapkan di SMP Negeri 1 Karangtengah. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter peduli sosial dalam pembelajaran IPS. (2) Mendeskripsikan bagaimana budaya sekolah dalam penanaman karakter peduli sosial. (3) Menjelaskan hambatanhambatan dalam implementasi pendidikan karakter peduli sosial di SMP Negeri 1 Karangtengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengimplementasian pendidikan karakter peduli sosial mulai dari persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran sudah berjalan dengan baik; (2). Budaya sekolah yang diterapkan di SMP Negeri 1 Karangtengah sudah mendukung penanaman karakter peduli sosial pada siswa. (3). Hambatan yang dialami dalam berupa hambatan dari guru IPS, perbedaan tingkat pemahaman siswa, serta pengaruh lingkungan luar.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Himmah, F., Tukidi, T., & Mulianingsih, F. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Sosial di SMP Negeri 1 Karangtengah Demak. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(2), 158-163. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v1i2.36421

References

Creswell. 2014. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Daryanto. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Grava media. Departemen Pendidikan Nasional. Undang-undang No.20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan nasional.Jakarta: Depdiknas. Fauzani, R.A. 2018. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Kerjasama Dalam Pembelajaran PJOK Pada Siswa Kelas Tinggi Di SD Negeri Kraton Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Ginanjar, A. 2017. “Penguatan Peran IPS Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik”. Jurnal Harmony, 1 (1). Semarang: FIS UNNES Kemendiknas. 2011.
Panduan Pendidikan karakter di sekolah menengah pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat jenderal pendidikan dasar direktorat pembinaan sekolah menengah pertama.
Kemendikbud. 2016. Silabus Mata Pelajaran IPS SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mulyasa. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Narwanti, Sri. 2011. Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.
Purnomo, Arif. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Rachman dan Lestari. 2017. Pendidikan dan Pembinaan Karakter Bangsa. Semarang. Fasrindo.
Rachman, M. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter Berwawasan Konservasi Nilai-Nilai Sosial. Jurnal Forum Ilmu Sosial, 40(1), 1–15.
Yusron, M. 2015. Penerapan Membaca Sintopikal untuk Menumbuhkan Karakter dan Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Pembelajaran Model Reading Guide pada Siswa Kelas IX C SMP Negeri 16 Pekalongan Tahun Pelajaran 2012-2013. Jurnal Forum Ilmu Sosial, 42(1).

Most read articles by the same author(s)