PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN IPS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 24 SEMARANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Galih Loka Bimantoro
Ferani Mulianingsih

Abstract

The Covid-19 pandemic has transformeted the learning practices that take place in schools into learning based on the independence of learning of learners with the use of information technology. The purpose of this study is to analyze IPS learning problems and solving IPS learning problems during the Covid-19 pandemic in Semarang State Junior High School. This research uses qualitative methods. The location of this research is in SMP Negeri 24 Semarang. Data collection techniques in the form of observations, interviews, documentation. Test the validity of data using data triangulation. The results of this study are (1) the problems faced by during distance learning, among others, learners do not have mobile phones, internet signal interference, do not have quotas, full HP memory, and feel bored. Teachers have difficulty in instilling character in students so the direction not optimal; (2) problem solving carried out by teachers preparing social studies online materials, making innovations in presenting distance learning effectively, actively monitoring learners, communicating with parents of learners, providing motivational support for learners the spirit of following online learning. The advice in this study is the need for monitoring and evaluation related to all distance learning and provides assistance in the face of obstacles.


Masa pandemi Covid-19 telah mengubah praktek pembelajaran yang berlangsung di sekolah menjadi pembelajaran berbasis kepada kemandirian belajar peserta didik dengan pemanfaatan teknologi informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis problematika pembelajaran IPS dan pemecahan problematika pembelajaran IPS pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 24 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMP Negeri 24 Semarang. Teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi, wawancara, dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah (1) problematika yang dihadapi peserta didik selama pembelajaran jarak jauh antara lain, peserta didik tidak mempunyai Handphone (HP), gangguan sinyal internet, tidak mempunyai kuota, memori HP penuh, dan merasa bosan. Guru kesulitan dalam menanamkan karakter terhadap peserta didik sehingga pengarahan tidak maksimal; (2) pemecahan problematika yang dilakukan yaitu guru mempersiapakan materi IPS online, melakukan inovasi dalam menghadirkan pembelajaran daring secara efektif, aktif memantau peserta didik, komunikasi dengan orang tua peserta didik, memberikan dukungan motivasi agar peserta didik semangat mengikuti pembelajaran daring. Saran dalam penelitian ini adalah perlu adanya monitoring dan evaluasi terkait segala pembelajaran jarak jauh dan memberikan bantuan dalam menghadapi hambatan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Bimantoro, G., & Mulianingsih, F. (2022). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN IPS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 24 SEMARANG. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 4(2), 149-158. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v4i2.57030

References

Dekdibud. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang.
Fajar, A. 2005. Portofolio Dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Fauzi, I., & Khusuma, I. 2020. Theachers Elementary School in Online Learning of Covid-19 Pandemic Conditions. Jurnal Iqra: Kajian Ilmu Pendidikan.
Hartanto, W. 2016. Penggunaan E-learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi.
Majid, A. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Mar'aha, N. K., Rusilowatia, A., & Sumarnia, W. 2020. Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana Unnes.
Miles, B. M., & Huberman, M. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Pratama, R., & Mulyati, S. 2020. Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia.
Prawanti, L. T., & Sumarni, W. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Rahman, T. 2020. Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Universitas Lambung Mangkurat.
Sapriya. 2018. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sunhaji. 2014. Konsep Manajemen Kelas dan Implikasi dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, Vol. 2.
Tabi'in, A. 2020. Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Di Tengah Pandemi Covid-19. Golde Age.
Warsito, B. 2009. Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Malang: Surya Pena Gemilang.