Studi Perbandingan Tingkat Kecukupan Zat Gizi Makro dan Status Gizi Pada Siswa Full Day School dan Half Day School

Authors

  • Qutrotun Nada Fitria Nada Fakultas Kedokteran, Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/nutrizione.v5i1.21711

Keywords:

zat gizi, status gizi, full day, half day

Abstract

Full day school adalah sistem pendidikan yang diterapkan secara tidak merata di Indonesia sejak 2017. Perbedaan waktu belajar disinyalir dapat mempengaruhi status gizi siswa, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kecukupan zat gizi makro dan status gizi antara siswa full day school dan half day school. Jenis penelitian ini adalah studi komparatif dengan pendekatan kuantitave non eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Petir dan SMA Nurl El Falah Kubang. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan 180 responden. Responden penelitian mengukur berat badan dan tinggi badan kemudian dihitung status gizi berdasarkan indikator Indeks Massa Tubuhb menurut Umur (IMT/U). Tingkat kecukupan gizi menggunakan formulir food record 3x24 jam. Analisis data menggunakan Mann-whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat kecukupan karbohidrat sig. (2-tailed) 0,001, tingkat kecukupan lemak sig. (2-tailed) 0,084 dan status gizi sig. (2-tailed) 0,046 pada tingkat kepercayaan 90%. Dapat  disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna pada tingkat kecukupan karbohidrat, lemak, dan status gizi antara siswa full day school dan half day school.

 

Downloads

Published

2025-05-30

Article ID

21711

Issue

Section

Articles

How to Cite

Studi Perbandingan Tingkat Kecukupan Zat Gizi Makro dan Status Gizi Pada Siswa Full Day School dan Half Day School. (2025). NUTRIZIONE - Nutrition Research and Development Journal, 5(1), 56-69. https://doi.org/10.15294/nutrizione.v5i1.21711

Similar Articles

11-20 of 28

You may also start an advanced similarity search for this article.