Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia starting in 2024 migrates from OJS 2 to OJS 3 to better secure from various unwanted things, including journal hacking and so on. To submit, the author please visit the new website page of our journal at the linkĀ https://journal.unnes.ac.id/journals/jipk
MIGRATION OFFICIAL STATEMENTĀ HERE
Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia [ISSN Print 1979-0503 | ISSN Online 2503-1244] a scientific periodical published by the Department of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Semarang with the aim to promote creativity scholarly professors or academics from various institutions in general and the academic community intern Universitas Negeri Semarang in particular. The article published scientific literature contains research results, conceptually, as well as book reviews in the field of chemical technology.
Abstracting & Indexing: Google Scholar, DOAJ, Garuda, SINTA

Announcements
MIGRASI WEBSITE |
|
Mulai Januari 2024, semua informasi dan proses submisi di Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia pindah melalui website berikut Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia | |
Posted: 2024-02-13 | |
More Announcements... |
Vol 18, No 1 (2024): January 2024
Table of Contents
Articles
Media Pembelajaran Berbasis AI Chatbot pada Materi Termokimia di SMA Apakah Dibutuhkan?
Farrel Hafiz Aldwinarta(1), Rita Nurdiana(2), Oktavia Sulistina(3),
(1) Universitas Negeri Malang (2) SMA Modern Al Rifa'ie (3) Universitas Negeri Malang |
Pengembangan E-Modul Ajar Kimia Hijau Bermuatan Etno-STEM Berbasis Guided Inquiry untuk Membekali Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
Rahma Annisa Izzania(1), Woro Sumarni(2), Harjono Harjono(3),
(1) Universitas Negeri Semarang (2) Universitas Negeri Semarang (3) Universitas Negeri Semarang |
Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Materi Hidrolisis Garam
Mawadatuz Zahro(1), Ulfa Lutfianasari(2),
(1) Universitas Islam Negeri Walisongo (2) Universitas Islam Negeri Walisongo |
Analisis Pemahaman Konsep dan Kesulitan Siswa Kelas XI pada Materi Hidrolisis Garam Menggunakan Tes TTMC dan TwTMC dengan Model Problem-Based Learning
Shelly Dewi Ristanti(1), Sri Susilogati Sumarti(2),
(1) Universitas Negeri Semarang (2) Universitas Negeri Semarang |
E-LKPD Interaktif Berbasis Multipel Representasi pada Materi Laju Reaksi
Yunita Puspita Sari(1), Ifah Silfianah(2),
(1) Program Studi Tadris Kimia Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (2) Program Studi Tadris Kimia Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung |
Modul Etnokimia Terintegrasi Nilai Islami pada Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatih Kreativitas
Ainuz Zahroh Asna(1), Woro Sumarni(2), Edy Cahyono(3),
(1) Universitas Negeri Semarang (2) Universitas Negeri Semarang (3) Universitas Negeri Semarang |
Pengembangan Instrumen Tes Three-Tier Multiple Choice berbantuan Google Form untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Topik Stoikiometri
Feby Fitriani(1), Sigit Priatmoko(2), Sri Wardani(3), Sri Nurhayati(4),
(1) Universitas Negeri Semarang (2) Universitas Negeri Semarang (3) Universitas Negeri Semarang (4) Universitas Negeri Semarang |
Analisis Kemampuan Multipel Representasi Siswa MAN 2 Jombang Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
Mustabsyirotul Ijtihadah(1), Ivan Ashif Ardhana(2),
(1) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (2) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung |
Upaya Peningkatan Pengetahuan serta Sikap Siswa melalui Pengembangan LKPD PBL Terintegrasi Literasi Lingkungan
Meilinda Herawati(1), Murbangun Nuswowati(2), Endang Susilaningsih(3), Sri Nurhayati(4),
(1) Universitas Negeri Semarang (2) Universitas Negeri Semarang (3) Universitas Negeri Semarang (4) Universitas Negeri Semarang |
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media QuizWhizzer dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Larutan Penyangga
Rahmi Nur Laeli(1), Kasmui Kasmui(2),
(1) Universitas Negeri Semarang (2) Universitas Negeri Semarang |