IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI KARAKTER DISIPLIN DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 BOJA KABUPATEN KENDAL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ali Gunawan
Tukidi .
Ferani Mulianingsih

Abstract

The character building in school which is conducted through the learning process to develop. Further, one of the character values ​​is discipline. (1) the improvement of learning values ​​in social science learning in SMP Negeri 1 Boja; (2) the obstacles which are experienced by the teachers who apply character value in SMP Negeri 1 Boja; (3) the way teachers overcome obstacles when applying the discipline character in the process of social science learning in SMP Negeri 1 Boja. The results of this study indicated that (1) the discipline character building ​​in social science learning in SMP Negeri 1 Boja was integrated through learning tools, activities and evaluation; (2) the problem experienced by the teachers in applying the discipline character in social science learning was there were some students who spoke by their own in learning activity process; (3) the teacher's way to overcome the problem was by giving warning and question.


 


Penanaman pendidikan karakter di sekolah dilaksanakan melalaui proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan nilai-nilai karakter Salah satunya nilai karakter disiplin.Tujuan dari penelitian ini  (1) penanaman nilai karakter disiplin dalam proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Boja; (2) kendala yang dialami guru dalam menerapkan nilai karakter disiplin pada proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Boja; (3) cara guru dalam mengatasi kendala saat menerapakan nilai karakter disiplin pada proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Boja. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penanaman nilai karakter disiplin dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Boja diintegrasikan melalui perangkat pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran; (2) kendala yang dialami guru dalam menanamkan nilai karakter disiplin dala pembelajaran IPS adalah masih ada peserta didik yang berbicara sendiri ketika proses kegiatan pembelajaran; (3) cara guru dalam mengatasi kendala tersebut adalah menggunakan teguran halus dan diberikan pertanyaan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Gunawan, A., ., T., & Mulianingsih, F. (2019). IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI KARAKTER DISIPLIN DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 BOJA KABUPATEN KENDAL. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(1), 53-59. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v1i1.30447

References

Amri, 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Strategi Analisis dan Pengembangan Karakter siswa dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Arikunto, suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Julaiha, Siti. 2014. Ipmpelentasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Journal Dinamika Ilmu.Volume 14. No 2. Hal 228.
Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Indonesia: Pedoman Sekolah. Jakarta: Kemendiknas.
Mulyasa. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Narwanti, Sri. 2016. Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosyadakarya.
Suprayogi, dkk. 2011. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Semarang: Widya Karya.
Towaf, Siti malikhah. 2014. Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 20. No 1. Hal 75-85.

Most read articles by the same author(s)