Archives


2018

Vol 9, No 2 (2018): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif

Ada banyak cara untuk mengetahui dan memeriksa apakah masalah penelitian adalah benar-benar masalah. Cara tersebut antara lain: melakukan observasi, pengamatan lapangan, magang, atau bahkan melakukan riset pendauluan. Sayangnya, hampir seluruh penulis artikel, dimanapun, jarang yang menuliskan riset pendahuluan sebagai bagian dari referensi mereka. Dewi, salah satu penulis di Vol 9(2) ini, mencoba menuliskan riset pendahuluannya sebagai bagian dari referensi yang digunakan dalam artikelnya. Silakan dibaca.

Vol 9, No 1 (2018): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 9(1)

Dalam tingkat berkomunikasi kontemporer, memahami makna literasi menjadi sangat penting. Banyak gesekan di masyarakat karena kelemahan literasi dan komunikasi. Oleh sebab itu, sebagian ilmuwan berusaha untuk meningkatkan literasi dan kemampuan komunikasi, seperti yang dilakukan oleh Yuniarti dan Setiani. Berdua melakukan penelitian untuk mengajak siswa meningkatkan literasi dan komunikasi. 


2017

Vol 8, No 2 (2017): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif

Dalam pembelajaran, Guru akan semakin cakap mengajak siswa belajar jika memahami karakter dan gaya belajar siswa. Selain itu, dengan mengetahui profil siswa, guru dapat merancang pembelajaran sesuai dengan ke-khas-an siswanya. Oleh sebab itu, 6 artikel pada volume 8(2) ini menampilkan hasil penelitian yang menggambarkan profil siswa. Dengan berbagai penelitian tersebut, diharapkan dapat memberi inspirasi kepada pembaca untuk dapat mengembangkan pendidikan yang lebih baik.

Vol 8, No 1 (2017): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif

Semakin maju pola berpikir seseorang membuat kepedulian terhadap sesama semakin tinggi. Kepedulian dan perhatian dapat ditampakkan dengan perhatian dalam bidang penelitian masing-masing. Pradhitya dan kawan-kawan menunjukkan dengan melakukan penelitian dasar dengan menganalisis kemampuan geometri siswa SLB Tuna Grahita. Dengan penelitian tersebut, diharapkan akan memunculkan media dan model pembelajaran yang sesuai dengan keistimewaan siswa tersebut.


2016

Vol 7, No 2 (2016): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif

Perkembangan penelitian, dewasa ini lebih mengutamakan penelitian deskriptif daripada penelitian kuantitatif eksperiman. Peneliti pendidikan sekarang lebih banyak menjawab mengapa sebuah fenomena terjadi, daripada menjawab apakah benar fenomena tersebut terjadi. Dengan perkembangan penelitian pendidikan, Kreano vol 7(2) kali ini juga menerbitkan naskah hasil penelitian dengan metode DDR sebagai salah satu metode penelitian kontemporer.

Vol 7, No 1 (2016): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif

Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol. 7 Nomor 1, Juni 2016, telah diterbitkan. Pada edisi ini, editor mempublikasikan berbagai hasil penelitian. Demikian pula dengan topik kajian penelitian, dari mulai model pembelajaran, pengembangan, hingga eksperimen media pembelajaran berbasis teknologi.


2015

Vol 6, No 1 (2015): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif

Jurnal Kreano vol. 6(1), Juni 2015 menerbitkan 13 artikel hasil penelitian. Edisi ini termasuk dalam salah satu lembaran sejarah perjalanan Jurnal Kreano, sebab per Januari 2015, Jurnal Kreano memperoleh SK DIKTI untuk manajemen jurnal berbasis online.

Vol 6, No 2 (2015): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif

Jurnal Kreano Vol. 6(2), Desember 2015 menerbitkan 13 artikel hasil penelitian. Ada hal baru dalam edisi ini, yaitu kajian mengenai ABK (anak berkebutuhan khusus). Selain itu ada pula jenis pendekatan penelitian yang masih jarang digunakan di Indonesia yaitu dikdaktik development research


2014

Vol 5, No 2 (2014): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif

Jurnal KreanoVol. 5(2), Desember 2014 menerbitkan 13 artikel hasil penelitian. Kajian dilakukan pada bidang kemampuan pemecahan masalah, doing mathematics, penalaran matematis, kemampuan keruangan, berpikir kritis matematis, dan Kemampuan Komunikasi matematis siswa.

Vol 5, No 1 (2014): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif

Jurnal Kreano vol. 5(1), Juni 2014 memuat 13 artikel hasil penelitian. Tema artikel mulai desain dan model pembelajaran, alat evaluasi, pengembangan perangkat pembelajaran, sampai dengan penelitian eksperimen.


2013

Vol 4, No 2 (2013): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif

Jurnal Kreano, Vol. 4(2), Desember 2013 volume 4 nomor 2 memuat 11 artikel hasil penelitian. Kajian yang dilakukan mulai desain dan model pembelajaran, evaluasi, pengembangan perangkat pembelajaran, sampai dengan kajian tentang pemahaman konseptual berdasarkan jenis kelamin.

Vol 4, No 1 (2013): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif

Jurnal Kreano, Vol. 4(1), Juni 2013 memuat 12 artikel hasil penelitian. Kajian yang dilakukan mulai dari desain dan model pembelajaran, evaluasi, bahan ajar pembelajaran, pengembangan desain pembelajaran, pengembangan soal penalaran dengan model TIMSS, dan buku ajar, sampai dengan penelitian eksperimen.


2012

Vol 3, No 2 (2012): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif

Jurnal Kreano diterbitkan oleh Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengatahuan Alam niversitas Negeri Semarang. Volume 3 Nomor 2 berisi 6 artikel tentang hasil penelitian pendidikan dan gagasan mengenai pengembangan model, instrumen, dan strategi pembelajaran.

Vol 3, No 1 (2012): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif

Jurnal Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, diterbitkan oleh Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Jurnal ini ber-ISSN: 2086-2334.


2011

Vol 2, No 2 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif

Edisi Desember tahun 2011 menerbitkan 6 artikel yang seluruhnya adalah artikel hasil penelitian pendidikan. Prabowo dan Susiana merupakan hasil penelitian pengembangan, sedangkan Siswoyo, Pramesti, Abidin, dan Kharis merupakan hasil penelitian tindakan untuk memecahkan masalah tertentu.

Vol 2, No 1 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif

Edisi Juni tahun 2011, menerbitkan 6 artikel. Artikel tersebut terdiri atas: 3 artikel matematika sains oleh Abidin, Hendikawati, dan Sulistiyaningsih, 1 artikel gagasan pembelajaran, dan 2 artikel hasil penelitian. Gagasan yang dimunculkan merupakan gagasan mengenai pembelajaran guru kreatif. Sedangkan hasil penelitian mempublikasikan aplikasi metode pembelajaran tertentu untuk menyelesaikan masalah.


2010

Vol 1, No 2 (2010): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif

Edisi Desember tahun 2010, menerbitkan 7 artikel. Artikel tersebut terdiri atas: 5 artikel mengenai gagasan pelaksanaan pembeajaran dan 2 artikel mengenai matematika sains. Gagasan yang dimunculkan merupakan gagasan mengenai pembelajaran di kelas dengan IDEAL sampai dengan gagasan mengenai pelaksanaan Lesson Study. Kharisudin dna Kharis, membahas mengenai fuzzy set dan metode deterministik.

Vol 1, No 1 (2010): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif

Edisi pertama Kreano berisi 6 artikel. Artikel tersebut terdiri atas: 2 hasil penelitian pengembangan, 3 artikel gagasan, dan 1 artikel dari matematika sains.


1 - 19 of 19 Items